Minggu, 21 Agustus 2011

BUDIDAYA LARVA KUMBANG PISANG


Kumbang Pisang adalah Hama yang menyerang Batang Pisang. Batang pisang yang terkena serangan ini akan mengalami busuk batang dan lama kelamaan akan tumbang/mati. Namun dari sini kita dapat mengambil manfaat apabila kita dapat menghasilkan Larva Batang Pisang yang bisa dimanfaatkan sebagai Pakan Alami yang kaya Protein buat Budidaya Ikan.

Cara Praktis pembuatannya adalah:

Kumpulkan batang pisang yang banyak tersedia di sekitar kita. Biasanya banyak batang pisang yg dibiarkan membusuk setelah buah pisangnya dipanen.
Potong batang pisang itu dengan menggunakan gergaji karena lebih mudah memotongnya dibandingkan menggunakan Golok.
Susun batang pisang tersebut di suatu tempat dan busukkan. Untuk mempercepat pembusukan gunakan Prebotik yang mengandung mikroba pengurai. Banyak Prebiotik yg ditawarkan, perhatikan saja Brosur dan konten isinya dan lihat manfaat Mikrobanya. Siram Prebiotik yang telah dicampur dengan air setiap hari seperti kita menyiram bunga di halaman.
Batang pisang yang membusuk akan mengundang Kumbang batang pisang untuk meletakkan telurnya di dalam batang pisang. Cirinya adalah batang pisang akan terlihat bolong-bolong tanda Kumbang tersebut telah masuk dan meletakkan telur.
Setelah 1 bulan, batang pisang yg telah membusuk dimasukkan ke dalam kolam kosong yang telah ada airnya dan telah diberikan prebiotik.
Biasanya setelah 2 minggu akan terlihat Larva Kumbang Pisang baik yang ukurannya masih kecil atau yang sudah besar (dewasa).
Bentuk Larva tersebut berwarna putih, lembut, bisa sebesar jari kelingking dan ada ekor yang lebih panjang dari badannya. (seperti pada gambar)
Setelah Larva tersebut dewasa, bisa diberikan langsung dalam keadaan hidup-hidup sebagai pakan ikan alami berprotein tinggi.
Protein Larva tersebut antara 25% - 45% (Wikipedia:2011).


Ada 2 (dua) cara pemberian Pakan alami Larva batang pisang:

Kolam yang telah berisi penuh Larva batang pisang tersebut ditebar ikan dan ikan akan berpesta
Angkat batang pisang yang di dalamnya banyak Larva ke dalam kolam ikan. Setelah Larva terlihat habis dimakan, batang pisang kembalikan ke dalam kolam kosong agar Kumbang dapat meletakkan telurnya kembali dan siklus berulang dari awal.



Gambar: Larva Kumbang Pisang yang sedang bermain di Media Kolam Kosong penuh Batang Pisang Busuk.



0 komentar:

Posting Komentar