Kamis, 08 September 2011

KANDUNGAN dan KHASIAT IKAN LELE

Artikel. 1.

Serbuk Patil Lele Bikin Greng!

Ingin sehat perkasa tanpa dopping? Tidak perlu repot-repot pergi ke apotik untuk mencari obat-obatan yang tidak mengandung efek samping. Ahli pengobatan tradisional menyarankan cari saja patil lele yang terkenal sangat panas jika mengenai tubuh manusia itu. Konon, khasiat patil lele sangat ampuh meningkatkan keperkasaan lelaki loyo dan kurang bersemangat. Benarkah? 

Metodologi pengobatan tradional menyebutkan ikan lele ternyata tidak hanya nikmat disantap sebagai lauk pauk. Lebih itu, jenis ikan berkepala keras ini pada bagian organ tubuhnya memiliki khasiat tergolong ampuh. Patil (taji, red) ikan lele ternyata dipercayai dapat meningkatkan kejantanan lelaki yang kebanyakan membutuhkan tenaga ekstra ini.

Caranya dengan dibuat ramuan yang mirip dengan metode pembuatan jamu. Yakni, tidak dengan dimakan sebagaimana ketika kita menyajikannya sebagai lauk-pauk. Namun, melalui cara menjadikan patil lele sebagai bubuk yang pada pemakainnya bisa diminum dengan cara diseduh menggunakan air hangat. Tentu sangat praktis karena itu bubuk ini tidak beda jauh dengan bubuk jamu tradisional.
Itu pun siapa saja dengan mudah bisa membuat ramuan patil lele ini. Untuk mendapatkan khasiat terbaik, ramuan patil lele bisa ditambahkan kopi bubuk yang diseduh hangat-hangat. Konon, bagi yang pernah merasakan khasiat serbuk patil lele ini, orang akan merasakan kasiat melebihi keampuhan serbuk sirip hiu. Selama ini tentang mitos serbuk sirip ikan hiu memang diakui keampuhannya. Hanya saja karena harganya mahal tidak semua orang bisa menikmati.

Awalnya, khasiat patil lele untuk mendongkrak kejantanan lelaki ini ditemukan oleh Sabhu Suryoadmodjo, salah seorang ahli pengobatan tradisional yang membuka praktik di Jakarta. Ketika itu ia tertarik mengamati khasiat patil lele. Ia percaya kandungan yang terdapat dalam patil lele tak kalah dengan sirip ikan hiu. Kemudian ramuan temuannnya ini dia sebut dengan nama kopi patil lele.

Cara membuat ramuan patil lele sebagaimana tips Sabhu,
·         pertama kali carilah patil lele secukupnya. Sebisa mungkin cari ikan lele hitam (tangkapan alam, red). Pasalnya, khasiat patil lele liar lebih manjur dibanding lele ternakan.
·         Setelah itu, patil tersebut digoreng sangan (digoreng dengan menggunakan wajan yang terbuat dari tanah tanpa menggunakan minyak, red) sampai kering. Lalu tumbuk sampai halus.
·         Ambil satu sendok teh bubuk tersebut, kemudian campur dengan kopi dan gula sesuai selera. Setelah semua tersedia, tuangkan air panas sebanyak 250 cc ke dalam gelas. Aduk hingga rata.
·         Barulah dalam sekejab kopi serbuk patil lele siap untuk diminum. Bila Anda kurang menyukai kopi atau tidak diperbolehkan minum kopi karena alasan kesehatan, kopi bisa diganti dengan wedang jahe.

Setelah minum kopi patil lele, tunggu sesaat sampai ada reaksi. Bila reaksi sudah terlihat segeralah menjalankan ‘tugas’ rutin yang menjadi kewajiban suami istri. Niscaya, istri Anda yang semula meragukan tak lagi menyesalkan kejantanan Anda. Malah, ia akan ketagihan pada keperkasaan Anda. Mungkin ramuan tradisional itu bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi problem seksual. Siapa tahu dengan biaya yang super murah ini, kejantanan Anda kembali pulih. Selamat mencoba! (ais/*)

Artikel. 2.

Khasiat Ikan Lele

 

Nama ilmiahnya Misgumus anguilli Caudatus. Ikan lele demikian terkenal saat ini,hampir di semua kota besar atau kecil tersedia aneka hidangan dari ikan lele,namun kebanyakan ikan lele yang beredar sekarang adalah ikan lele dumbo,boleh dikata ikan lele dumbo sama saja dengan ayam potong
Yang umurnya hanya 40 hari.Hanya saja ikan lele dumbo baru bisa di panen setelah berumur 3-4 bulan.
Jika tidak ada lele lokal (biasa) tidak mengapalah anda menggunakan lele dumbo.Namun lele lokal apalagi yang di dapat di sungai, rawa, danau, parit, persawahan, ini khasiatnya lebih baik ketimbang yang dumbo.
Diantara sekian banyak khasiat ikan lele untuk pengobatan ialah : Memperkuat otot-otot perut,mengobati kencing manis,impotensi,hepatitis,ambien dan eksim.
Cara pemakaian :
Ikan lele di masak (di rebus) lalu di makan.Atau ikan lele di bakar hangus di tumbuk halus lalu di buat serbuk,di seduh dengan air panas lalu di minum.
Perkasa dengan ikan lele :
Terutama bagi mereka yang menderita impotensi,ambil ikan lele di masak sesuai selera anda lalu di makan.Yang di jual di warung-warung biasanya dalam bentuk goreng lalu di campur dengan sambal lalapan,ini amat baik jika di sertai daun kemangi.
Antara daging dan bumbu sambal itulah yang membuat kita jadi perkasa ! (Dari berbagai sumber)

Artikel. 3.

Kandungan Ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh, Ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagikesehatan.
Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan Lele segar dan manfaatnya antara lain :
  1. Omega 3, Untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi.
  2. Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah di cerna
  3. Kaya akan asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.
  4. Vitamin A dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan pada anak
  5. Vitamin D dalam daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
  6. Vitamin B6 , membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf
  7. Vitamin B12, untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf
  8. Zat besi yang mudah di serap oleh tubuh
  9. Yodium untuk mencegah terjadinya penyakit gondok, hambatan pertumbuhan anak
  10. Selenium untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas
  11. Seng yang membantu kerja enzim dan hormon
  12. Fluor yang berperan dalam meguatkan dan menyehatkan gigi anak
Kandungan ikan kaya akan manfaat akan lebih optimal jika dalam bentuk daging ikan segar sehingga kandungan gizi dalam ikan tetap untuk mendapatkankandungan ikan yang  kaya akan manfaat.

Artikel.4.


Manfaat Kesehatan dari Ikan Lele
by on Apr.27, 2011, under Bisnis, Tips

Ikan air tawar satu ini ternyata memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan. Sungguh tidak disangka ikan yang suka memakan kotoran ternyata dapat digunakan sebagai obat. Diantara sekian banyak khasiat ikan lele untuk pengobatan ialah : Memperkuat otot-otot perut,mengobati kencing manis,impotensi,hepatitis,ambien dan eksim. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, cukup dimasak/direbus lalu dimakan atau di bakar hangus dan di tumbuk halus lalu di buat serbuk,di seduh dengan air panas lalu di minum. Terutama bagi mereka yang menderita impotensi,ambil ikan lele di masak sesuai selera anda lalu di makan.Yang di jual di warung-warung biasanya dalam bentuk goreng lalu di campur dengan sambal lalapan,ini amat baik jika di sertai daun kemangi. Antara daging dan bumbu sambal itulah yang membuat kita jadi perkasa.
Berdasarkan kajian ilmiah ikan lele memiliki kandungan protein yang cukuptinggi didalamnya yaitu sekitar 17%,tak hanya itu ikan ini juga memiliki berbagai macam asam lemak,esensial yang dapat mencukupi kabutuhan akan asam lemak harian kita sekitar 9%. Namun batasi konsumsi ikan ini,karena kandungan kolesterolnya juga lumayan tinggi.1 hari 2 ekor sudah cukup memberikan banyak manfaat.
Manfaat lain dari Lele adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Kandungan Asam Amino Esensial sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, dan memelihara masa tubuh anak agar tidak terlalu berlemak. Selain itu juga mampu menghasilkan antibody, hormone, enzim, dan pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan. Sehingga Lele juga bisa melindungi anak dari cold sore dan virus herpes.
Melihat segudang manfaat dan ketenaran ikan lele tidak ada salahnya jika menjadikannya sebagai peluang usaha budidaya lele. Lagipula sangat banyak warung atau tempat makanan yang menyajikan ikan lele sebagai salah satu lauk pilihan diantara yang ikan-ikan yang lain. Jadi sudah pasti budidaya lele akan memberikan keuntungan tersendiri. Mau mencoba?


Artikel.5.


Khasiat ikan lele ternyata super.

Posted on  by Admin
http://adesuta.files.wordpress.com/2011/03/lele.jpg?w=300&h=187KOMPAS.com — Jangan anggap remeh ikan lele. Makanan yang mudah didapat dan murah ini, selain kaya zat gizi juga membantu pertumbuhan janin dalam kandungan dan sangat baik bagi jantung karena rendah lemak.
Ikan lele (Clarias spp) merupakan ikan air tawar yang dapat hidup di tempat-tempat kritis, seperti rawa, sungai, sawah, kolam ikan yang subur, kolam ikan yang keruh, dan tempat berlumpur yang kekurangan oksigen. Ikan lele termasuk dalam famili Claridae dan sering juga disebut mud fish atau cat fish.

Di Indonesia, ikan lele dikenal dengan beberapa nama daerah, seperti ikan maut (Sumatera Utara dan Aceh), keling (Sulawesi Selatan), dan cepi (Bugis). Ikan lele lebih dikenal sebagai hewan karnifora karena kegemarannya makan cacing, serangga air, dan udang.
Penyebaran lele di Indonesia meliputi Jawa, Sumatera, Bangka, Belitung, Kalimantan, Singkep, dan Sulawesi. Di Indonesia, terdapat lima jenis ikan lele lokal yang sangat terkenal, yakni Clarias batrachus L (lele, kalang, maut, cepi), Clarias leiacanthus Blkr (keli, penang), Clarias nieuhofi CV (lindim, lembat, kaleh), Clarias melanoderma Blkr (duri, wais, wiru), dan Clarias teysmani Blkr (lele kembang, kalang putih). Di antara kelima jenis ini, hanya Clarias batrachus L. yang paling sering dijumpai dan dipelihara karena dagingnya yang lezat.
Pada tahun 1980-an, masuklah varietas lele baru yang dikenal sebagai ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) yang berasal dari Afrika. Pada tahun 2000-an, mulai dikenal lele phyton. Lele ini berasal dari Pandeglang, Banten, yang merupakan hasil kawin silang antara lele dumbo lokal dan eks Thailand. Sebelumnya, para ilmuwan Indonesia juga berhasil mengembangkan varietas lele sangkuriang yang merupakan pengembangan dari varietas lele dumbo.

Sumber Zat Gizi

Ikan merupakan bahan makanan penting sebagai sumber zat gizi. Dilihat pada Tabel 1, dapat disimpulkan bahwa ikan air tawar dan payau memiliki protein tinggi, yaitu rata-rata 20 persen. Protein ikan adalah protein yang istimewa karena bukan hanya berfungsi sebagai penambah jumlah protein yang dikonsumsi, tetapi juga sebagai pelengkap mutu protein dalam menu.
Protein ikan mengandung semua asam amino esensial yang dalam jumlah yang cukup. Protein ikan mengandung lisin dan metionin yang lebih tinggi dibanding protein susu dan daging. Ikan darat umumnya mengandung protein dengan kadar metionin dan sistin yang tinggi.

Pada Tabel 2 dapat dilihat ikan lele dari genus Ictalaurus punctatus yang banyak terdapat di Amerika Serikat mengandung protein dengan kadar lisin dan leusin lebih tinggi dibanding daging sapi. Leusin sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga kesetimbangan nitrogen pada orang dewasa.
Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot. Sementara lisin sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pertumbuhan. Asam amino lisin menjadi kerangka bagi niasin dan sering dilibatkan dalam pengobatan penyakit herpes.

Kaya Fosfor

Dilihat dari komposisi gizinya, ikan lele juga kaya fosfor. Nilai fosfor pada ikan lele lebih tinggi daripada nilai fosfor pada telur yang hanya 100 mg. Peran mineral fosfor menempati urutan kedua setelah kalsium.
Di dalam tubuh, fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat, 80 persen berada pada tulang dan gigi. Fungsi utamanya sebagai pemberi energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak dan pati, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesis DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium.
Kebutuhan fosfor bagi ibu hamil tentu lebih banyak dibanding saat-saat tidak mengandung karena ibu hamil butuh fosfor lebih banyak untuk tulang janinnya. Jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari tulang sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu. Kebutuhan fosfor akan terpenuhi apabila konsumsi protein juga diperhatikan.

Dilihat dari perbandingan kalium dan natrium yang mencapai 24,5:1, ikan lele dapat digolongkan sebagai makanan sehat untuk jantung dan pembuluh darah. Makanan tergolong makanan sehat untuk jantung dan pembuluh darah bila mengandung rasio kalium terhadap natrium minimal 5:1.
Kalium diketahui bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh.

Rendah Lemak, Tekan Kolesterol

Kadar lemak ikan air tawar dan payau termasuk rendah. Lemak tersebut terdapat pada bagian perut, terutama tubuh bagian bawah dan dalam hati . Lemak ikan sebagian besar berupa lemak sederhana, yakni trigliserida yang bersifat netral dan ada juga yang berbentuk kompleks seperti fosfolipida dan sterol.
Asam lemak ikan umumnya berantai karbon lurus dan mempunyai atom karbon antara 14 hingga 24 atom. Jumlah asam lemak jenuh antara 17 hingga 21 persen dan asam lemak tidak jenuh antara 79 hingga 83 persen. Tingkat asam lemak tidak jenuh yang tinggi membuat ikan air tawar, termasuk ikan lele baik untuk menekan kolesterol.
Ikan air tawar seperti lele juga mengandung omega-3, meskipun dengan kadar yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan ikan air laut. Kandungan omega-3 pada ikan lele hasil budi daya (sengaja dipelihara) jauh lebih rendah daripada ikan lele liar. Omega-3 sangat diperlukan tubuh untuk pencegahan penyakit degeneratif ,seperti penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Asam lemak omega-3 juga berperan sangat penting untuk proses tumbuh kembang sel-sel saraf termasuk sel otak.

Karbohidrat pada ikan terdapat dalam jumlah yang sangat sedikit, yaitu sekitar 0 hingga 1,7 persen yang terdapat dalam bentuk glikogen. Ikan lele dari genus Ictalaurus punctatus tidak mengandung karbohidrat karena kadar lemaknya yang cukup tinggi sebagai sumber energi.

Sumber: Prof. DR. Made Astawan
              Dosen Departemen Teknologi Pangan Dan Gizi IPB

Share this:



10 komentar:

KASQQ - Agen BandarQ|BandarQ Online|BandarQ Online Terpercaya|Situs BandarQ|Situs Poker|Poker Uang Asli|Situs Judi Online|Situs Judi Online Terpercaya
Agen Bandarq
BandarQ Online
BandarQ Online Terpercaya
Situs BandarQ
Situs Poker
Poker Uang Asli
Situs Judi Online
Situs Judi Online Terpercaya

KASQQ adalah sebuah Situs Judi Online Terpercaya terbaik dan juga BandarQ Online Terpercaya, Sebagai partner Agen BandarQ Online Terpercaya dan Agen BandarQ Online Terbaik. KASQQ Juga sebagai website Situs BandarQ dan Situs Judi Online Terpercaya yang menyediakan games-games terbaik buat anda. Minimal Deposit dan WD sangat terjangkau hanya 20 Rb anda sudah bisa bermain Poker Uang Asli
Ayo Segera Gabung Dan Mainkan Sekarang Juga Di KASQQ

Posting Komentar